6. Agt, 2014

Bertumbuh dalam Segala Hal ke Arah Kristus : 4 FORMASI PERTUMBUHAN

Bertumbuh dalam Segala Hal ke Arah Kristus :
4 FORMASI PERTUMBUHAN

Seorang pemuda meminta dibelikan sepeda motor kepada ayahnya. Sang ayah menjawabnya, "Boleh, Nak, asal kamu rajin belajar sehingga bisa lulus ujian akhir dengan nilai di atas 7 , rajin baca Alkitab setiap hari, dan potong rambutmu yang sudah terlalu panjang itu!" Waktu berlalu,si pemuda datang kembali kepada ayahnya untuk menagih janjinya. "Aku sudah rajin belajar sehingga nilai ujianku 8, dan setiap hari aku sudah rajin baca Alkitab. Sekarang Ayah belikan aku sepeda motor." Ayah bertanya, "Bagus, Nak, tetapi kenapa rambutmu belum dipotong?" Pemuda itu menjawab, "Di Alkitab, kita diminta untuk menjadi serupa dengan Kristus. Kalau Kristus rambutnya panjang, aku juga mau rambutku panjang seperti Kristus." "Oh begitu, di Alkitab juga dituliskan Tuhan Yesus pergi ke mana-mana dengan berjalan kaki. Jadi, daripada naik sepeda motor, lebih baik kamu berjalan kaki saja seperti Kristus."
Menjadi seperti Kristus adalah konsep yang penting di dalam perjalanan iman Kristen. Amanat Agung memerintahkan untuk membawa semua bangsa menjadi murid Kristus, yaitu orang yang mengikuti cara hidup dan pengajaran Kristus (Matius 28:18-20). Lingkup dan arah pertumbuhan kita adalah bertumbuh dalam segala hal ke arah Kristus (Efesus 4:15). Tuhan turut bekerja di dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi umat-Nya, yaitu menjadikan kita serupa dengan gambaran Kristus (Roma 8:28-29). Paulus mengusahakan dan menggumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa Tuhan untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus (Kolose 1:28-29). Dia menggambarkan dirinya seperti orang yang menderita sakit bersalin sampai jemaat menunjukkan rupa Kristus (Galatia 4:19). Dalam bahasa John Ortberg,
" Tumbuh secara rohani berarti hidup yang makin lama makin seperti Kristus jika Dia berada dalam tempat unik kita -- memandang seperti Kristus memandang kalau Dia melihat melalui mata kita, berpikir seperti Dia berpikir, merasa seperti Dia merasa, dan dengan demikian berbuat seperti Dia berbuat."
Paulus menuliskan kepada jemaat di Efesus tentang sasaran transformasi ini, yaitu, "Bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala " (Efesus 4:15). Apakah yang termasuk di dalam frasa "segala hal" ini? Jika kita mau menjadi dan menjadikan murid Kristus, hal-hal apakah yang perlu dibangun secara intensional? Dari konteks teks perikop ini kita mendapati beberapa aspek pertumbuhan ke arah Kristus :
* Formasi Pengajaran: "... sampai kita semua telah mencapai
kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak
Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang
sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan
lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa
angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam
kelicikan mereka yang menyesatkan..." (Efesus 4:13-14).

* Formasi Karakter: "... sampai kita semua telah mencapai...
kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai
dengan kepenuhan Kristus ..." (Efesus 4:13).

* Formasi Pelayanan: " ... untuk memperlengkapi orang-
orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan
tubuh Kristus ..." (Efesus 4:12).

Pertumbuhan ini ditujukan bagi "orang-orang kudus" , yaitu orang-orang percaya dalam Kristus Yesus (Efesus 1:1; 4:12).
Jika "bertumbuh dalam segala hal" tersebut adalah bangunan pertumbuhan, maka dasar bangunan yang harus diletakkan dahulu adalah pribadi dan karya Kristus yang menyelamatkan (1 Korintus 3:6-13). Anugerah keselamatan ini membuat kita terhubung dan tinggal di dalam Kristus, yang memungkinkan kita untuk bertumbuh dan berbuah bagi kemuliaan-Nya. Kita tidak dapat bertumbuh dan berbuah dari diri kita sendiri, di luar hubungan dan persekutuan dengan Kristus (Yohanes 15:1-8). Pribadi dan karya Kristus (Fondasi Keselamatan) serta hubungan dan persekutuan dengan Kristus (Fondasi Spiritual) ini menjadi dasar bangunan pertumbuhan menuju keserupaan dengan Kristus.
"Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur". (Kolose 2:6-7). Pada akar dan fondasi keselamatan di dalam Kristus kita bertumbuh dan dibangun dalam segala hal ke arah Kristus. Segala hal ini meliputi bertumbuh semakin mengalami persekutuan dengan Tuhan (formasi spiritual), mengenal Tuhan dan firman-Nya (formasi pengajaran), mencerminkan karakter Tuhan (formasi karakter), dan melayani Tuhan (formasi pelayanan).
Arah transformasi kehidupan orang-orang percaya dan bahkan semua suku bangsa adalah agar menjadi murid-murid Kristus yang mencerminkan cara hidup dan pengajaran Kristus dalam segala hal. Jika kita mau melihat transformasi terjadi, orang percaya pertama-tama perlu mengalami transformasi menjadi murid Kristus yang sejati, kemudian mereka diperlengkapi untuk menjangkau dan menjadikan orang lain mengalami transformasi menjadi murid Kristus juga. Pemuridan adalah kunci transformasi murid Kristus, tubuh Kristus, dan dunia yang dikasihi Kristus. Pemuridan intensional meliputi pertumbuhan dalam semua aspek formasi keserupaan dengan Kristus.
Masing-masing aspek formasi ini akan dibahas dalam sisipan artikel renungan harian pada bulan-bulan selanjutnya.***

----- Johan Setiawan / Renungan Harian*